-->

Taman Baca Phaniauw yang Asri dan Ramah Lingkungan

Editor: Manus.id author photo
Ruddi J. Sokoy Kabid Kepustakaan (Dok Ist Ais)

MANUS.ID, Sentani – Taman baca di kompleks Kantor Bupati Kabupaten Jayapura menampilkan suasana alami, asri dan ramah lingkungan.

Keberadaan Taman ini, diharapkan mampu meningkatkan semangat literasi bagi masyarakat luas khususnya masyarakat di kabupaten Jayapura.

Tampak Depan masuk ke taman (Dok Ist Ais)

Ruddi Julius Sokoy, Kepala Bidang kepustakaan dan arsip kabupaten Jayapura saat ditemui tim redaksi manus.id, mengatakan bahwa “Semangat awal untuk membuat ide kreatif ini, berangkat dari rasa keprihatinan kami terhadap para pengunjung diperpustakaan daerah Kabupaten Jayapura.

Menurut data  pengunjung selama tiga tahun terakhir, pengunjungnya sangat kurang bahkan capaianya dibawah standar indikator yang seharusnya. Ujarnya kepada redaksi manus.id, Rabbu (30/09) Siang tadi

Ruddi menambahkan, Taman yang sederhana ini, awalnya hutan belukar, tumbuh pohon-pohon dan penuh dengan  sampah yang berhamburan disekitar. Hal ini yang mendasari kami untuk segera membuat taman baca dengan konsep terbuka dan ramah lingkungan.

Puji tuhan lanjut Ruddi J Sokoy, selama pekerjaan tahap 5%, yang berkunjung kurang lebih lima puluh orang, dan terhitung hingga hari ini pengunjungnya sudah mendekati tiga ratusan orang, kami sangat apresiasi itu meskipun kesederhaan yang kami sajikan di taman ini, baik koleksi buku-bukunya maupun fasilitas pendukung lainya.

Rudi menjelaskan bahwa,”taman taman baca ini diberi nama  Phaniauw Khenambai Umbai, Phaniauw itu nama lokasi dan khenambai umbai adalah motto Kabupaten Jayapura yang berarti kita satu hati dalam taman baca ini.

“Pihaknya juga sementara mendesain suatu gambar, icon suatu spisies endemik ikan tawar di danau, dalam bahasa kami namanya ikan Heu yang masih kami kordinasikan dengan pihak pemangku kebijakan. terannya.

Lebih lanjut kata Ruddi, kedepan kami akan membentuk komunitas taman baca untuk mengawal, menjaga dan memberikan informasi kepada masyarakat, dan memfasiltasi agar ide dan semangat ini bisa sampai dipelosok-pelosok kampung.

Ia juga berharap agar taman baca ini bisa memberikan harapan dan semangat baru kepada kita untuk memacu semangat literasi khusunya dikabupaten jayapura dan umumnya di Papua. Tutupnya. (Red)**

Reporter : Ar
Editor      : Redaksi


Share:
Komentar

Berita Terkini