-->

Stadion Papua Bangkit Segera Berganti Nama, Ketua Gapura "Harus didiskusikan Ulang"

Editor: Manus.id author photo

 

MANUS.ID, Jayapura -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua berencana segera mengganti nama sejumlah fasilitas umum dipapua pada, 28 Oktober 2020 mendatang.

Bandara Sentani menjadi Bandara Theis Eluay dan Stadion Papua Bangkit menjadi Stadion Lukas Enembe.

Rencana Pemprov tersebut mendapat sorotan dari banyak pihak, salah satunya, Jack J.Puraro, Ketua Gerakan Pemuda Jayapura (Gapura).

Jack mengatakan, “Proses penggantian nama sejumlah fasilitas di Papua Oleh pemprov tersebut  terkesan sepihak,

Pasalnya, pada pertemuan konsultasi publik yang dilakukan DPR-Papua, bidang Bamperda di Tahun 2019 lalu, terkait dengan rancangan peraturan daerah, didalamnya juga memuat rencangan penggantian nama sejumlah fasilitas umum tersebut.

Jack menambahkan “Terkait penggantian nama bandara sentani menjadi Bandara Theis Eluay, telah disepakati oleh para tokoh baik itu tokoh masyarakat  maupun para tokoh adat yang menghadiri acara tersebut.

Sementara untuk pengantian nama Stadion Papua Bangkit menjadi Stadion Lukas Enembe dikembalikan kepada DPR-P untuk melakukan komunikasi lanjutan kepada pihak adat, baik itu masyarakat adat di kampung ohei,heram maupun masyarakat adat sentani. Terangnya kepada redaksi manus.id, Senin (28/09) 

Tapi sampai hari ini, kata jack “DPR Papua tidak menindaklanjuti hasil rekomendasi itu, hingga kami mendapat kabar bahwa stadion Papua Bangkit segera berganti nama pada Akhir Pekan Bulan Oktober 2020 mendatang.

Bagi-nya hal ini, mencederai proses demokrasi kita sebab, kita suda sepakati bersama didalam konsultasi publik itu, bahwa terkait penggantian nama stadion harus didiskusikan ulang, kalaupun didalam diskusi lanjutan itu menyepakati penggantian nama stadion mejadi stadion lukas enembe ! tidak jadi masalah dan sah-sah saja. Cetusnya.

Ia juga menyampaikan apresiasinya kepada kaka Lukas Enembe, Gubernur Papua dalam memperjuangkan PON di Tanah Papua 2021 ini, suatu terobosan dan ide brilian yang harus kita sukseskan bersama.

Tapi terkait dengan penggantian nama stadion, saya berharap agar mari kita duduk dan diskusi bersama, sehingga dalam memberikan nama pada stadion papua bangkit ini, tidak terkesan keputusan yang sepihak, tutupnya (Red)**

 Editor : Redaksi 

Share:
Komentar

Berita Terkini