-->

Onesimus Heluka, The Leader Milenial Of Papua.

Editor: Manus.id author photo

Jayapura, MANUS.ID --Sederhana, cerdas dan pekerja keras, tiga kata ini menggambarkan sosok kaka Onesimus Heluka, pria kelahiran Yahukimo 27 November 1995,

anak bungsu dari ke-tujuh bersaudara ini adalah Adik dari Yulianus Heluka, SH. Wakil Bupati Kabupaten Yahukimo saat ini.

Ketika mengenang peristiwa 25 Tahun yang lalu, matanya berkaca-kaca, pasalnya, ia lahir hari ini, esoknya Abiagam Payage mamanya meninggal,

ia lalu di bawah oleh misionaris bersama om-nya ke daerah penginjilan Yalimo, lalu dibesarkan oleh kaka pertamanya, Marthinus Heluka,S,Sos. Sekertaris Dinas Sosial Kabupaten Yalimo.

Sejak di Bangku kuliah ia suda kenyang dengan dunia aktivisme organisasi, dalam kurun waktu 2014-2016, ia didapuk menjadi ketua 2 DPMF Fakultas Fisip Uncen, Jabatan strategis pada zamannya, ketua Asrama mahasiswa Yalimo di Kota Jayapura dan berbagai jabatan organisasi penting lainya.

Saat Acara di Kampus Uncen (Dok Ist Ones)

Saat masih semester VI Di Fisip Uncen, ia suda berkecimpung di dunia bisnis dengan mendirikan CV Wesih Yaya dan PT Wesih Laskar Matahari (WLM)yang mengerjakan sejumlah proyek baik di tingkatan kabupaten maupun di Provinsi Papua.

Ketika pasca lulus di Universitas Cenderawasih pun, ia masih mengabdikan dirinya di dunia bisnis dan kepemudaan

terbukti di penghujung paruh waktu 2017-2020. Ia di daulat menjadi ketua umum BPC Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Yahukimo periode 2018-2020, ketua kelas Lemhanas RI Ikal V Pemantapan Nilai Kebangsaan Republik Indonesia di Jakarta, dan di pertengahan Tahun 2019 ia mendapatkan penghargaan Indonesia Top Leadership Acheement Award 2019 di Hotel Lumire Jakarta dari Yayasan Citra Prestasi Bangsa.

Satu penghargaan bergensi di Negri ini, dari delapan nama di seluruh Indonesia, ia satu-satunya anak muda papua yang menerima penghargaan tersebut.

Saat menerima Penghargaan di Jakarta ( Dok Ist Ones)

Direktur utama CV Wesih Yaya dan PT Laskar Matahari (WLM) ini, dalam banyak kesempatan, selalu mengajak generasi muda Papua untuk ambil bagian dalam proses pembangunan di bumi cenderawasih yang kaya ini, jangan jadi penonton kita harus jadi tuan di atas tanah sendiri, sebab ia percaya bahwa sejarah dunia adalah sejarah anak muda, jika angkatan muda mati rasa matilah sebuah bangsa.

Hal lain yang melekat padanya ialah Sosok yang sederhana dan berpegang teguh pada prinsip, satu dari sekian banyak pemuda langkah yang dimiliki oleh Papua, dengan demikian tidak terlalu berlebihan jika mengatakan kaka Onesimus Heluka adalah The leader Milenial Of Papua.

Penulis : Abdul Rais Abbas
Editor : Redaksi

 


Share:
Komentar

Berita Terkini